Jumat, 28 Juli 2017

Hasil Olahan Pangan dari Umbi-umbian

    Image result for perkedel
  • Perkedel kentang 
Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang digoreng atau direbus sebelum dilumatkan lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang dan daun seledri kemudian di campur bumbu-bumbu. Dibentuk bulat-bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.

Perkedel juga ada yang terbuat dari ubi jalar, singkong direbus atau digoreng dan di lumatkan, yang terbuat dari tahu, tahu dilumatkan dicampur dengan bumbu-bumbu dan telur ayam lalu digoreng. Perkedel yang terbuat dari tahu biasa disebut dengan perkedel tahu.
  • Bakwan jagung



Image result for apa itu bakwan jagungBakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan biasanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Bahannya terdiri dari taoge, irisan kubis (kol) atau irisan wortel, dicampur dalam adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak. Di Jawa Barat bakwan disebut 'bala-bala'. Bakwan mirip dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur). Nah, kalau bakwan jagung, adonannya ditambah irisan jagung guys. Nyesel kalo nggak nyobain rasanya.^_^



  • Klenyem
Klenyem atau disebut Lempok adalah salah satu jenis makanan camilan tradisional Indonesia yaitu dari Kabupaten Jepara. Jepara bagian utara menyebut makanan ini Klenyem, sedangkan Jepara bagian selatan menyebut makanan ini Lempok.
Image result for klenyem adalahCara Pengolahan kleyem yaitu, kupas dan bersihkan Singkong dan kelapa. Cuci sampai bersih kemudian parut dengan parutan kelapa (jangan pakai parutan keju – nanti jadi nya Srawut). Campur jadi satu parutan Singkong, Kelapa dan garam. Panaskan minyak dengan api sedang. Ambil 1-2sdm adonan singkong, kepal-kepal kemudian pipihkan, isi dengan serutan gula merah secukupnya. Tutup kembali sampai tidak ada gula merah yang kelihatan dari luar, bulatkan. Segera masukkan minyak panas, goreng dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat untuk teman minum teh sore hari.



  • Puthu ayu
kue putu ayu adalah kue tradisional asli indonesia,kue putu ayu merupakan salah satu koleksi dari kue jajanan pasar yang di miliki oleh indonesia.walaupun memiliki nama yang hampir sama dengan kue putu,namun sebenarnya bahan dasar untuk pembuatan kue putu ayu sangatlah berbeda dengan kue putu yang hanya menggunakan tepuk beras untuk adonannya.dalam pembuatan kue putu ayu biasanya menggunakan beberapa bahan yang biasa di gunakan untuk membuat bolu kukus.persamaan dari kedua kue ini hanyalah pada pemakaian kelapa sebagai hiasannya.walaupun dalam kue putu ayu,kelapa parut di gunakan sebagai toping bukan sebagai taburan. Rasa kue putu ayu yang manis dan gurih bisa di jadikan alternatif sebagai hidangan pada acara keluarga ataupun sebagai cemilan. Wahh, makanan aja cantik. masak kamu enggak......^_^
Image result for putu ayu adalah






  • Puding
 Image result for puding ubiPuding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang.
Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas.
Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa. Bahkan, ada puding yang berbahan dasar ubi ungu.
  • Gethuk 

Image result for gethuk adalahGetuk (bahasa Jawa: gethuk) adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.
Getuk dikenal ada dua macam,
  1. Getuk, pada saat singkong yang sudah masak pada waktu suhu masih panas ditaburi potongan-potongan kecil gula jawa sehingga berwarna coklat tidak merata tumbukan getuk ini bentuknya kasar.
  2. Getuk lindri, adalah dengan cara singkong masak digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarna makanan dan vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil memanjang dan dirapatkan memanjang ini serupa dengan mie hingga berbentuk memajang dengan ketebalan sekitar 2cm lebar 4cm, setelah itu dipotong-potong berbentuk panjang sekitar 5cm dan lebar 4cm

                                                                                                                                                                   Sumber :



https://eltelu.blogspot.co.id/2015/05/contoh-produk-makanan-yang-dihasilkan.html
https://goo.gl/images/dBj14Q
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkedel
https://goo.gl/images/xSd8zq
https://id.wikipedia.org/wiki/Klenyem
https://goo.gl/images/je12eD
https://goo.gl/images/zDBV24
https://goo.gl/images/FBLd78
https://goo.gl/images/vXqZqf
https://id.wikipedia.org/wiki/Getuk

1 komentar: