Senin, 24 Juli 2017

Gerak Nasti


1. Pengertian Gerak Nasti
Nasti adalah gerak dari bagian tumbuhan yang arahnya tidak bergantung pada arah datangnya rangsangan. Rangsangan akan menyebabkan perubahan tekanan turgor yaitu tekanan air pada dinding sel akibat perubahan kadar air dalam sel tumbuhan sehingga sel menjadi gembung/ tegang.

Ragam

Berdasarkan sumber rangsangannya, gerak nasti dibedakan menjadi


  • Fotonasti adalah gerak nasti yang disebabkan karena rangsang berupa cahaya. Contohnya gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa), bunga waru (hibiscus tiliaceus).
  • Seismonasti adalah gerak bagian tumbuhan karena rangsangan sentuhan. Contoh: gerak menutupnya daun putri malu (Mimo pudica) karena disentuh.
  • Niktinasi
    Niktinasti merupakan gerak tidur pada tunbuhan yang disebabkan karena keadaan gelap atau suasana malam. Proses niktinasti banyak terjadi pada tumbuhan berdaun majemuk. Niktinasti terjadi karena sel-sel motor di persendian tangkai daun (anak-anak daun majemuk) atau pulvinus memompa ion K+ dari satu bagian ke bagian lainnya sehingga menyebabkan perubahan tekanan turgor. Contoh niktinasti adalah pada Daun Lamtoro dan Cassia corymbosa yang melipat kebawah pada saat malam hari.
  • Hidronasti 
    Hidronasti atau higronasti merupakan gerakan bagian tumbuhan akibat adanya rangsangan konsentrasi air. Contohnya adalah daun Poa pratensis yang menggulung dan melipat akibat hilangnya tekanan turgor dalam sel kipas. Daun akan terlipat jika disisi atas dan disisi bawah memiliki tekanan turgor yang berbeda.
  •  Nasti Kompleks adalah gabungan dari fotonasti, kemonasi dan hidronasti yang mana mekanisme gerak stomata di pengaruhi oleh adanya cahaya, contoh yang dapat terjadi adalah membuka dan menutupnya 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Nasti
http://www.pustakapedia.net/2016/05/pengertian-dan-contoh-gerak-nasti-serta-macam-macam-gerak-nasti-pada-tumbuhan.html
http://ipasmpmts.blogspot.com/2014/08/macam-macam-gerak-nasti-pada-tumbuhan.html
http://genggaminternet.com/macam-macam-gerak-pada-tumbuhan/
https://www.youtube.com/watch?v=0ViGJyFBpLI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar